Skincare Routine for Busy Woman!

By Mermaidia - August 17, 2019


Hello Beauty Gengs! Welcome to my first blog post!

Sebagai perempuan yang hari-harinya diisi aktivitas padat seperti bekerja dan menghadiri event, saat pulang ke rumah, waduh gengs, rasanya badan udah lelah banget. Apalagi aku bekerja di Jakarta dan perjalanan pergi maupun pulang terasa menghabiskan banyak tenaga dan waktu karena macet. Kalo gak inget membersihkan wajah yang penuh dengan makeup dan debu bisa memicu jerawat dan berbagai masalah kulit, rasanya males banget deh buat ngebersihin muka dan ngerawat wajah pakai segala macam skincare.

Untungnya sekarang aku udah nemuin skincare routine yang cocok buat para perempuan sibuk! Skincare routine ini cocok untuk kulitku yang oily karena gak mengandung banyak pelembap yang bisa bikin kulit terasa greasy. Oh iya, meskipun wajahku kadang muncul jerawat, aku jarang pakai produk anti-acne karena biasanya jerawatku hilang sendiri kalau aku cukup minum air putih, cukup istirahat, kurangin junkfood dan kurangin asupan gula.


Kulitku termasuk sensitif karena mudah breakout oleh panas, debu, makeup dan kandungan skincare yang gak cocok. Untuk saat ini aku menghindari skincare dengan kandungan tea tree oil karena bahan tersebut beberapa kali bikin breakoutku makin parah. Kulitku cocok dengan kandungan ginseng, aloe vera, vitamin C, witch hazel, AHA, dan gak bermasalah walau skincare yang aku pakai mengandung alkohol dan fragrance.

Pastikan kalian udah tau pemicu breakout kalian ya gengs, karena skincare routineku belum tentu cocok di semua orang. Kalian juga harus cek postingan skincare routine temen-temenku di komunitas @nixiebeaute.id karena kita lagi kolaborasi blog untuk pertama kali! Komunitas beauty ini banyak membantuku dalam dunia beauty, terutama untuk disiplin bikin konten. Salah satunya adalah dengan cara BLOG POST COLLABORATION, yang kali ini bertema My Skincare Routine.

Okay busy woman, without further due, let’s jump to the routine!

Step 1 : Makeup Removal



Ini adalah step yang sangat penting untuk membersihkan kulit : double cleansing. Aku pakai Nivea Micellar Water sebagai tahap awal dari double cleansing.


Teksturnya sangat runny dan gak kerasa ada residu setelah membersihkan wajah. Aku biasa menuangkan micellar water ini di kapas untuk mengangkat makeup. Tergantung dari beratnya base makeupku, aku menghabiskan sekitar 2 sampai 4 lembar kapas. Karena micellar water adalah skincare yang paling cepat habis dan harus sering-sering repurchase, aku pilih Nivea ini karena harganya murah dan mudah didapatkan di minimarket.

Step 2 : Foam Cleanser



Untuk produk skincare yang satu ini aku hampir gak pernah ganti-ganti, karena kalau salah pakai facial wash pasti kulitku langsung breakout. Facial wash yang aku pakai adalah Erha 1 Facial Wash for Normal to Dry Skin.




Loh beb, katanya kulitmu oily? Nah gengs, ku sengaja pilih Erha 1 karena Erha 2 yang ditujukan untuk kulit berminyak bikin kulitku terasa ketarik, dan lama-lama bikin dry patches di sekitar mulut dan hidung. Tekstur facial wash ini bening dan gak ada aroma apapun, semoga aja memang gak pakai pewarna atau fragrance. Facial wash ini biasa aku beli di konter Erha21 di mall.

Step 3 : Exfoliating Toner



Busy woman akan sangat bergembira kalau tahu exfoliating toner ini gak perlu dipakai setiap hari. Karena sifat toner yang mengangkat sel kulit mati, over exfoliating hanya akan membuat kulit menjadi tipis dan rentan terkena berbagai masalah. Aku pakai Nightingale Daily Derma Eraser Toner.


Brand yang berasal dari Korea Selatan ini bisa kamu dapatkan di website Althea Korea. Aku pikir brand Nightingale ini agak under-rated karena toner ini cocok banget di kulitku yang acne prone. Kandungan exfoliating yang ada di toner ini berasal dari witch hazel yang berfungsi untuk meredakan peradangan dan menenangkan kulit sensitif. Toner ini juga terasa sedikit lembap saat dipakai, dan gak ada sensasi kulit ketarik. Meski formulanya lembut dan menurut klaim bisa dipakai setiap hari, aku tetap pakai toner ini maksimal 3 kali seminggu.

Step 4 : Moisturizer



Penting gak sih pemilik kulit oily pakai moisturizer? Menurutku moisturizer penting untuk menghindari dehidrasi kulit dan membuat kulit semakin berminyak, tapi gak harus ada produk khusus. Kamu bisa pilih pakai BB Cream atau tinted moisturizer untuk menghindari penggunaan skincare berlapis-lapis yang bisa bikin makeupmu melted dengan cepat. Biasanya aku pakai moisturizer ketika kulitku sedang bermasalah dan butuh kelembapan lebih. Aku pakai The Face Shop Jeju Aloe 99%.


Aku udah notis kalau gak semua aloe vera gel itu cocok di kulitku. Produk The Face Shop Jeju Aloe 99% ini salah satu aloe vera gel yang cocok di kulitku selain produk aloe vera gel dari Nature Republic. Produk ini ampuh banget menenangkan kulitku yang sedang beruntusan dan mengurangi redness akibat tersengat cahaya matahari. Teksturnya bening berbentuk gel yang sejuk di kulit dan ada aroma khas aloe vera. Gel ini cepat meresap di kulit dan bikin kulit terasa lembap. Aku beli ini di konter Face Shop.

Step 5 : Masker (Peel Off Mask, Sheet Mask, Sleeping Mask)


I love to pampered myself with mask after a hard day work! Rasa penat dan capek setelah beraktivitas ngaruh banget ke penampilan fisik yang bisa bikin kulit terlihat kusam dan lelah. Memakai masker buatku seperti ngasih hadiah buat diri sendiri setelah bekerja seharian. Aku berganti-ganti memakai masker, tapi tiga masker ini adalah masker yang paling sering aku pakai.

Sulwhasoo Clarifying Mask Ex



Peel off Mask dari Sulwhasoo ini punya aroma ginseng yang khas. Teksturnya lengket dengan masker berwarna kecokelatan yang akan mengering di kulit setelah pemakaian kurang lebih setengah jam.




Efek peel off-nya gak terlalu lebay, gak banyak komedo yang terangkat seperti kalau pakai pore pack. Tapi kulit juga gak terasa sakit saat masker ini dilepas. Aku biasa pakai masker ini seminggu sekali buat angkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori. Meski gak ada efek brightening, kulitku berasa lebih bersih dan lembap setelah pakai peel off mask ini.

Nightingale Derma Soothing Mineral O2 Cream



Meskipun Nightingale Derma Soothing Mineral O2 Cream ini sebetulnya adalah produk gel moisturizer, aku biasanya pakai ini sebagai sleeping mask karena kandungannya lumayan rich.




Tekstur, warna dan efek cream ini mirip banget sama Laneige Water Bank, jadi aku suka banget! Mengandung infused O2 water dari Jeju untuk memberi kelembapan ekstra di kulit. Diformulasikan dengan hyaluronic acid untuk mengekfoliasi kulit dengan lembut. Tekstur cream ini berbentuk gel berwarna biru muda yang terasa sejuk di kulit, dan bikin kulit kenyal dan cerah saat bangun tidur. Aku beli ini juga di Althea Korea.

Mediheal I.P.I Lightmax Ampoule Mask Ex



Sheetmask adalah produk skincare yang paling praktis dan paling aku rekomendasikan buat busy woman! Aku paling berani gonta-ganti produk ini karena jarang banget breakout karena penggunaan sheetmask. Tapi produk sheetmask yang paling aku suka adalah keluaran perusahaan Mediheal.

Aku udah beberapa kali repurchase sheetmask ini karena instant brightening effectnya, dan gak cuma itu, temenku yang bilang kalau sheetmask ini bikin kulitku langsung keliatan bagus. Aku biasa beli masker Mediheal di drugstore atau Sociolla, tergantung mana yang lagi diskon, hihihi.

Step 6 : Lip Moisturizing



Bagian bibir perlu banget loh gengs dirawat juga, supaya lip product seperti lipstick lebih awet dan menempel sempurna. Aku biasa pakai Pure Paw Paw Ointment untuk merawat area bibir.




Tekstur Pure Paw Paw Ointment ini sangat greasy karena berfungsi untuk melembapkan area tubuh yang sangat kering, seperti bibir, area dekat hidung dan mulut, juga siku dan tumit. Varian Watermelon ini paling aku suka karena ada wangi semangkanya. Setelah rajin pakai ointment ini lipstick gak gampang crack, terutama tipe pewarna bibir yang bikin kering seperti liptint dan lip matte.

Step 7 : Sunscreen



Mengingat udara Jakarta yang panas dengan matahari yang menyengat, penting banget untuk selalu menggunakan sunscreen untuk menghindari flek. Sebelumnya aku gak terlalu suka pakai sunscreen karena lengket dan bikin breakout, tapi sekarang aku usahain untuk pakai tipis-tipis aja dan sering re-apply kalau dibutuhkan. Aku juga gak pakai sunscreen di area wajah yang sering berjerawat untuk menghindari breakout. Produk sunscreen yang aku pakai adalah L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Advanced Oil-Control UV Protector SPF 50 PA++++ Long UVA.



Tekstur sunscreen ini seperti sunscreen pada umumnya, kental dan memiliki bau khas sunscreen. Bedanya sunscreen ini ada efek matte setelah dipakai dan gak greasy sama sekali. Kalau pakai sunscreen memang makeup gak jadi seawet biasanya, tapi hal itu bisa diakali dengan pakai setting spray. Sunscreen ini mudah didapatkan di drugstore seperti Watson atau Guardian.

Step 8 : Setting Spray



Aku pakai setting spray sebagai tahapan akhir dari rangkaian skincare routineku. Studio Tropik adalah brand lokal yang sedang hype di kalangan beauty lover karena priming water-nya bagus banget dipakai sebagai setting spray. Aku pakai Studio Tropik Original Priming Water karena varian Balance Priming Water yang aku incar sedang soldout. Aku titip beli Studio Tropik ini di temanku yang belanja di JxB beberapa waktu lalu.


Teksturnya cair, dengan butiran spray yang lumayan besar. Priming water ini mengandung aloe vera dan ada fragnance mawar yang sangat aku suka. Setelah pakai priming water ini makeupku terlihat matte dan bagus banget, sayangnya gak bikin makeup jadi long last. Aku pengen coba varian terbaru dari Studio Tropik yang dikhususkan sebagai setting spray dan kabarnya anti-pollutan juga. Kalau aku udah dapet produknya, akan aku bahas di post blog aku berikutnya!

Step 9 : Body Lotion



Eits, setelah wajah dirawat, jangan lupa dong buat ngerawat kulit seluruh tubuh. Aku pakai The Body Shop Mango Softening Whipped-Lotion untuk melembapkan kulitku.


Aku suka banget produk dengan wangi buah-buahan, jadi body lotion ini sangat aku suka walau fragrancenya lumayan kuat. Teksturnya kental berwarna orange. Body lotion ini dikemas dalam botol dengan pump dispenser yang dilengkapi semacam kunci supaya gak mudah tumpah. Sayangnya kemasan body lotion ini bulky jadi kurang travel friendly. Aku beli body lotion ini di konter The Body Shop.


So, that's it gengs! Semoga konten ini bermanfaat buat referensi skincare kalian yah. Kalau kalian kebetulan pakai produk skincare yang sama denganku, boleh banget tinggalin komendi bawah. Jangan lupa buat cek blog komunitasku NIXIE BEAUTE BLOG yuk. See ya!


Love, La Mermaidia

Instagram : @lidyaflorensia
Youtube : La Mermaidia

  • Share:

You Might Also Like

49 comments

  1. Tosss aku juga cinta banget sama priming waternya srudio tropik, wanginya enak & seger juga diwajah

    ReplyDelete
  2. skincare kakak menarik semua untuk di coba jadi penasaran semuanyaa deh,😍 karna blm ada yg aku miliki 😂 soon deh bakal cobainn😍

    ReplyDelete
  3. Penasaran banget sama si pure paw paw, beli nya dimana ka?

    ReplyDelete
  4. Skincare dr derma ini menarik perhatianku. Hanya di althea aja kah sist belinya?

    ReplyDelete
  5. emang ya kak, meskipun busy harus ttp jaga kesehatan kulit... ^^ sukak blog.nya..

    ReplyDelete
  6. Udh lama pengen cobain studio tropic,, katanya enak banget pas di seprot ke wajah,, tp aplikatornya jelek kata temen aku,, hasil semprotannya besar2,, bener gak sih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya butiran airnya gede-gede kurang kecil jadi kayak kurang merata gitu beb

      Delete
  7. wah aku baru denger kak eraser toner dari daily derma. dari reviewnya, aku jadi pengen coba deh hihi

    ReplyDelete
  8. harga lucas papaw berapa sih beb? aku penasaran banget ingin pakai

    ReplyDelete
  9. Ternyata daily derma itu exfoliating toner toh... Jdi pengen cobain kan aku... Biar nih kulit mati pada keangkat

    ReplyDelete
  10. Dari lama pen nyobain si studio tropik lgi nyari2 reviewnya smoga cucok juga di aku

    ReplyDelete
  11. moisturizer aloe vera gel nyaaa bikin pnasaran deh

    ReplyDelete
  12. Kak lidya sunscreen kita samaan dong. xoxoxo enak emang Loreal ini di pake nya ya kak ^^

    ReplyDelete
  13. Si dherma ini mengalihkan perhatianku , wajib punya nih aku 😁

    ReplyDelete
  14. Banyak banget ya pakai sunscreen L'oreal aku jd pengen coba jg nih klw sunscreen aku yg sebelumnya udah habis

    ReplyDelete
  15. Aku juga pake studio tropik yang itu kak baru tau kalo ada produk terbarunya yg khusus untuk setting spray, harus cobain jg nii

    ReplyDelete
  16. Wah baru liat yg exfoliating tonernya nih ka yg Daily derma

    ReplyDelete
  17. Banyak skincare yg belom pernah aku coba tapi aku paling penasaran sama sulwhasoo

    ReplyDelete
  18. Kamu rajin banget beb, body lotion ku numpuk,semangat pas beli aja, dipakenya sering lupa T^T

    ReplyDelete
  19. Kita samaan beb aku juga pakai nivea pearl white untuk bersihin makeup tahap awal

    ReplyDelete
  20. Sama beb aku juga ada aloe brand lain yg orang cocok kebanyakan tpi di aku engga, tpi ga cuman aloe doang maskernya dri brand itu aku ga cocok. Dari dulu mau cobain punya tfs cuman belom kesampean haha

    ReplyDelete
  21. Mupeng sama body lotionnya bau manggo lagi

    ReplyDelete
  22. mantep bener beb pake peelingnya sulwhasooo😍 mau reviewnyaa

    ReplyDelete
  23. Body lotionnya samaan kayak aku beb, aku jg pake mango

    ReplyDelete
  24. wah aku baru denger kak eraser toner dari daily derma... kayaknya mau beli deh

    ReplyDelete
  25. Beberapa produk kita pakainya sama nih. Tapi aku penasaran sama yang mineral soothing itu, spertinya menarik

    etherealpotato

    ReplyDelete
  26. Paling penasaran sama produknya sulwhasoo nih pingin coba tapi mihil

    ReplyDelete
  27. penasarans ama studio tropik dan sulwahsoo nya mbak :) kayaknya sulit sekali belinya, yg satu krn sold out mulu, yang satu krn mahal banget hahahaa

    ReplyDelete
  28. Aku baru tau kak ada toner buat exfoliation, jadi mau nyobain juga aku, ada rasa perih ga kak pas dipakenya?

    ReplyDelete
  29. btw aku juga pake makeup removal dari niveaa, juara sih itu, mascara waterproof pun langsung ilang hehhe, favorit banget pokonya yang itu hehe

    ReplyDelete
  30. Perempuan banyak banget ya perawatan nya. Mpo masih sederhaan foam,serum, cream malam dan pagi. Sudah itu aja. Mungkin karena Mpo tidak terlalu sibuk dan padat rutinas.

    ReplyDelete
  31. Wah banyak bgt skin care nya. Btw aku juga suka bgt pakai pure paw paw, melembabkan kulit dan nantinya manis bgt kaya permen.

    ReplyDelete
  32. Aku pun suka dengan L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Advanced Oil-Control karena ada kandungan UV Protector SPF 50 PA++++ Long UVA nya. Samaan nih kita mba.

    ReplyDelete
  33. Rutinitasnya banyak banget ya.. sampai 9 steps hehehe. Aku at least 5 paling mba, karena udah lgs ke kantor :)

    ReplyDelete
  34. Waah kita samaan nih Ka pake makeup remover dari Nivea
    Kalo aku sih penting banget pake sunscreen sebelum beraktivitas atau kerja

    ReplyDelete
  35. Waww walopun sibuk tapi skincarenya banyaak..gimana aku yang di rumah aja tapi males perawatan wkwk. Pake krim malam aja jarang-jarang nih.

    ReplyDelete
  36. Wuah meski sibuk tapi skincareya lumayan lengkap mbak :D
    Aku penasaran pengen nyobain pelemba yang the face shop Jeju itu, juga pengen banget nyobain yang buat bibir itu :D

    ReplyDelete
  37. Sunscreen tetep andalanku yang lain kadang pakai kadang enggak haha tapi kalau sunscreen wajib soalnya aku suka panas - panas an.

    ReplyDelete
  38. wow! skincare nya banyak jugaa.. jadi pengen contoh deh xD aku yang belum nemu yg pas tuh Exfoliating Toner

    ReplyDelete
  39. Aku baru tahu soal produk ini ya jadi penasaran pengen juga nyobain produk ini

    ReplyDelete
  40. Dari sekian banyak produk yang dipakai, yang sama cuma Aloe Vera.
    Tapi aku pakai Missha sekarang, karena kemarin gak sempet ke counternya Natrep.

    ReplyDelete
  41. Rangkaian skincarenya panjang banget, tapi aku juga sekarang lagi menerapkan rangkaian skincare yang panjang kayak gini, karena memang sengaruh itu ternyata di mukaku.

    ReplyDelete
  42. Beneran deh mbak, meskipun bukan wanita bekerja kalau habis pulang event yang sampai malam bikin capek plus jadi malas bersihin muka. biasanya saya minta tolong suami buat bersihinnya hehehe. Nivea Micellar Water dipakai setelah cleanser kalau saya buat double cleansing.

    ReplyDelete
  43. meskipun busy tapi teteup ya skincare routinenya banyak dan panjang, wkwk, make up remover kita samanya nih mbak

    ReplyDelete
  44. aku pecinta aloe vera gel dan blm pernah nyoba jeju aloe vera. jd penasaran

    ReplyDelete
  45. Nightingale Derma Soothing Mineral O2 cream ini menarik banget ya kak, warnanya, tekstur sama hasil pemakaiannya juga jd pengen beli

    ReplyDelete
  46. Betul banget, double cleansing asalah step terpenting dalam skincare routine

    ReplyDelete